Tugas Marketing

Tugas-Tugas Seorang Marketing

Tugas Marketing – Seperti yang kita ketahui kata marketing berasal dari kata market atau pasar yang secara tidak langsung menjadikan kata marketing memiliki arti pemasaran. Bekerja sebagai marketer atau di bagian marketing memang memberikan tantangan tersendiri. Apalagi bagi orang yang tidak berpengalaman dalam dunia marketing.

Hal ini dikarenakan kesuksesan dari sebuah perusahaan juga ditentukan dari bagaimana kinerja karyawan di bagian marketing. Semakin bagus kinerja marketing maka semakin besar pula harapan dan peluang untuk perusahaan bisa maju.

Maka tak heran apabila pemimpin perusahaan akan mencari orang-orang yang memiliki bakat dalam dunia marketing agar mampu menaikkan omset dan dan membuat perusahaan lebih maju dari waktu ke waktu.

tugas tugas marketing

Mungkin sebagian masyarakat hanya mengira bahwa tugas marketing hanyalah menjual barang saja. Tentu hal ini tidak benar, sebab tugas dari seorang marketing sangatlah berat. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang marketing, tentu Anda harus mengetahui tugas-tugas apa saja yang akan dilakukan jika nantinya Anda menjadi seorang marketing.

Baca juga artikel : marketing mix

7 Tugas Marketing Secara Umum

Maka dari itu, dibawah ini akan disebutkan beberapa tugas marketing yaitu sebagai berikut :

#1. Mendesain Dan Mengoptimasi Website Milik Perusahaan

Tugas marketing pertama yang biasa dilakukan oleh seorang marketing yaitu menangani user interface dan user experience web. Hal ini dilakukan agar para pengunjung merasa betah dan berpotensi untuk melakukan pembelian.

Secara umun, user interface (UI) biasanya akan berfokus pada tampilan atau presentasi daring yang ada pada bagian website. Sedangkan user experience (UX) akan digunakan untuk memastikan bahwa pengguna tidak akan kebingungan apabila mengakses website-nya. Dari kolaborasi antara kedua ini, maka akan mampu membantu perusahaan dalam menyukseskan strategi pemasaran.

#2. Copywriting

Tugas selanjutnya yaitu membuat teks semenarik mungkin yang nantinya akan disematkan pada media promosi. Copywriting ini tidak hanya berupa tulisan, melainkan juga bisa berbentuk audio visual perlu Anda ketahui bahwa tugas yang satu ini sangat lekat dengan dunia periklanan.

tugas seorang marketing

#3. Meningkatkan Kualitas Search Engine Optimization (SEO)

Tugas marketing selanjutnya yaitu meningkatkan kualitas SEO agar mampu meningkatkan kualitas pemasaran melalui tulisan.

#4. Membuat Materi Iklan Versi Tradisional

Teknik pemasaran menggunakan berbagai macam media seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya memang dianggap sangat mudah. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak pengguna media sosial dari berbagai kalangan.

Namun sejatinya tekhnik pemasaran menggunakan iklan tradisional juga bisa membantu agar produk Anda laku di pasaran. Maka tak heran apabila tugas marketing yang selanjutnya ini yaitu memasang iklan seperti reklame, pamflet dan lain sebagainya masih sangat populer di tengah zaman yang modern ini.

Dalam hal ini, Anda selaku seorang marketer harus menentukan metode yang paling tepat dan menentukan tempat yang paling bagus atau strategis agar bisa dijangkau oleh banyak orang.

#5. Menjalankan Kampanye Iklan Secara Digital

Tugas selanjutnya yaitu menangani bagian periklanan digital secara lintas platform. Namun, Anda harus memastikan dan menganalisis terlebih dahulu platform yang akan dicoba sebelum Anda memasang iklan di platform tersebut. Hal ini tentu dilakukan dengan mempertimbangkan tipe audiens dan potensi exposure-nya.

#6. Membangun Audiens Di Media Sosial

Tugas marketing yang satu ini muncul karena dilatar belakangi adanya perkembangan yang sangat pesat pada dunia media sosial. Dunia media sosial yang awalnya hanya berfungsi sebagai alat ekspresi kini mulai beralih fungsi menjadi tempat untuk ladang marketing. Hampir semua brand pasti memanfaatkan media sosial bahkan media kecil hingga media besar sekalipun.

Apabila perusahaan mampu memiliki jumlah audiensi yang sangat besar di media sosial, maka secara sadar atau tidak, perusahaan juga akan ikut terdongkrak kredibilitasnya. Selain itu, dengan adanya media sosial ini maka hubungan antara pelanggan dengan bisnis akan lebih intens dan personal.

#7. Merencanakan Pemasaran Secara Eksperimental

Tugas selanjutnya yaitu merupakan salah satu dari teknik pemasaran secara tradisional. Dalam hal ini, Anda bisa memulai dengan merencanakan hingga melaksanakan kegiatan kampanye yang melibatkan banyak orang.

Salah satu contoh yang bisa Anda lakukan yaitu brand activation. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan brand atau perusahaan ke masyarakat luas.

Demikianlah beberapa tugas marketing yang biasa dilakukan setiap harinya. Selain beberapa tugas yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak sekali tugas-tugas yang lainnya yang harus dilakukan. Selain itu, biasanya setiap perusahaan juga memiliki standar dan tugas-tugas marketing yang berbeda-beda jadi Anda harus menyesuaikannya dengan perusahaan tempat Anda bekerja.

Tinggalkan komentar