Tips Jualan Online

90 / 100
tips jualan online

Cara Mudah Jualan Online

Menjadi seorang entrepreneur merupakan pekerjaan yang paling banyak diinginkan oleh orang. Selain keuntungannya besar saat ini jualan bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Salah satunya dengan memanfaatkan internet untuk menjangkau konsumen. Namun agar bisnis bisa terus berjalan Anda harus mengetahui tips jualan online laris bagi pemula.

Dengan adanya tips ini Anda akan lebih terarah dalam melakukan proses penjualan. Singkatnya ada referensi yang mampu membantu Anda untuk bisa memasarkan produk dengan strategi-strategi jitu. Mau tahu apa sajakah tips itu? Berikut adalah penjelasan mengenai 6 tips cara jualan online bagi pemula.

6 Tips Jualan Online Biar Laris Jangkauan yang Luas

tips jualan online produk fashion

1. Kenali Keunggulan Produk

Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan yang mengetahui apa keunggulan serta keunikannya ya pemiliknya sendiri. Untuk tips memulai jualan online yang pertama adalah jawab pertanyaan ini apa kelebihan produk Anda? Apakah tentang kualitas, harga, rasa, dan lain sebagainya.

Ingat untuk promosi secara online Anda harus menyampaikan keunggulan produk dalam satu kalimat yang jelas. USP atau Unique Selling Point adalah istilah yang sering digunakan oleh pengusaha dalam mempromosikan produknya. Oleh sebabnya penting bagi Anda untuk mengenali keunggulan produk secara mendalam.

Untuk bisa menemukan USP yang tepat maka Anda harus menempatkan diri sebagai konsumen terlebih dahulu. Buat beberapa pilihan kata sampai Anda bisa meringkasnya menjadi satu poin utama yang akan digunakan dalam promosi.

2. Buat Website Toko Online

Website saat ini menjadi salah satu platform penting untuk bisnis. Bagaimana tidak hampir semua konsumen akan membandingkan kelebihan produk dari satu bisnis ke bisnis lain dengan melihat websitenya. Selain itu bisnis yang memiliki website akan dinilai profesional sehingga Anda akan memperoleh branding yang sesuai.

Memang cara membuat website toko online tidaklah semudah yang Anda pikirkan. Begitu banyak hal teknis yang harus diperhatikan. Lebih mudahnya bisa menggunakan jasa pembuatan website untuk toko online Anda.

Tak sampai disitu saja Anda harus bisa mengontrol website dengan baik agar memikat calon pembeli dan mengarahkan mereka untuk bisa menjadi pelanggan. Tips jualan online laris tidak boleh Anda lewatkan jika ingin produk laku keras.

3. Jual Produk ke Marketplace

jualan online di marketplace

Trik dan tips jualan online yang ketiga adalah jual produk ke marketplace. Saat ini tak hanya media sosial yang bisa digunakan untuk jual beli produk. Namun ada pula berbagai jenis aplikasi marketplace yang dapat membantu Anda untuk memasarkan produk. Misalnya saja seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli dan lain sebagainya.

Untuk cara jualan online di shopee Anda bisa langsung mengunjungi seller shopee lewat browser Hp Anda. Sedangkan tips jualan online di lazada Anda bisa langsung mengunjungi website lazada.co.id.

Silahkan coba daftarkan toko online Anda ke beberapa marketplace sekaligus. Namun perhatikan sisi persaingan harga yang sangat ketat. Pasti produk Anda tidak hanya ada satu melainkan banyak.

Maka dari itu Anda harus mampu menempatkan harga terbaik agar bisa memenangkan hati calon konsumen. Jangan sampai produk Anda tidak laku karena terlalu mahal.

Disamping itu pada setiap marketplace menyediakan beberapa fitur untuk berjualan. Manfaatkan dan maksimalkan fitur tersebut untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Jika perlu sambungkan dengan website yang Anda miliki.

4. Maksimalkan Sosial Media

Sosial media yang bisa Anda gunakan ada beragam seperti cara jualan online laris di facebook, WhatsApp, Instagram, Tiktok, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda meskipun pada akhirnya akan mengarahkan pembeli pada satu tujuan yakni mengeluarkan uang untuk membeli produk Anda.

Tips jualan online tanpa modal keempat ini mengajak Anda untuk Akif di sosial media baik dengan nama pribadi atau nama toko online.

Buatlah seolah-olah Anda tengah berinteraksi langsung dengan pembeli sehingga mereka bisa percaya. Disamping itu memanfaatkan sosial media akan memberikan citra baik untuk bisnis Anda.

5. Buat Content Marketing yang Menarik

Dikarenakan Anda akan berjualan secara online maka segala keperluan marketing harus dilakukan secara virtual. Misalnya saja penyampaian deskripsi produk dan Call to Action.

Memiliki foto yang menarik saja tidak menjadi jaminan orang akan tertarik. Karena selain foto orang akan membaca deskripsi dan bagaimana cara penyampaian strategi pemasaran yang Anda lakukan.

Istilah ini disebut sebagai content marketing yakni kalimat yang dibuat dengan tujuan menarik perhatian konsumen. Biasanya tips jualan online dilakukan dengan menempatkan content marketing ini di sosial media, website, dan marketplace.

6. Lakukan Promosi untuk Memikat Pelanggan

Tips jualan online yang terakhir adalah lakukan promosi untuk memikat hati pelanggan. Promosi bisa berupa diskon, gratis ongkir, dan lain sebagainya.

Mungkin saat pertama kali Anda memberikan promo ini bisa menggunakan nominal yang kecil. Setidaknya tidak membuat Anda rugi di belakangnya.

Namun tidak masalah karena dengan promo ini para pelanggan akan tetap setia dengan produk Anda bahkan dengan sukarela melakukan WOM (Word of Mouth) dengan orang lain. Jadi tidak ada yang sia-sia dengan apa yang Anda lakukan.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!