Strategi Marketing

strategi marketing

Strategi Marketing Terbaik untuk Bisnis

Dalam sebuah bisnis, marketing merupakan salah satu ujung tombak yang krusial. Anda dapat memaksimalkan omset bisnis dengan menggunakan marketing, terlebih lagi jika Anda dapat memilih strategi marketing yang pas pada bisnis yang Anda jalankan.

Bagi perkembangan sebuah bisnis, marketing berperan sangat besar dan bisnis akan berjalan sukses dengan upaya marketing yang baik. Anda dapat mengenalkan produk kepada pelanggan melalui promosi, distribusi, penjualan sampai strategi untuk mengembangkan produk. Berikut strategi marketing terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda:

Marketing Mix

Marketing mix merupakan strategi dengan menggunakan berbagai cara marketing agar dapat mencapai target penjualan yang diinginkan. Baik oleh para pelaku bisnis baru atau yang sudah berkembang, strategi marketing ini paling banyak digunakan. Pada prinsipnya marketing mix memiliki 7 unsur dasar yaitu, product, price, place, promotion, physical evidence, people, dan process.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam marketing mix adalah dengan merancang produk terbaik yang diperlukan oleh konsumen dan memastikan harganya bisa dijangkau. Disamping itu, Anda bisa membuat produk yang dapat terus eksis dengan segala macam promosi yang dilakukan sehingga mampu mendapatkan hasil pemasaran terbaik. Intinya Anda harus menerapkan, ketujuh elemen tersebut di atas.

Viral Marketing

Viral marketing ini merupakan salah satu strategi marketing dimana untuk menyebarluaskan informasi produk Anda dengan cara memanfaatkan audiens. Dalam waktu yang cepat dengan memakai strategi marketing ini dapat mendongkrak kepopuleran bisnis Anda.

Ada banyak kelebihan yang dimiliki strategi ini sehingga Anda perlu menggunakan viral marketing. Berikut kelebihan yang dimilikinya:

  • Menghemat biaya promosi
  • Dapat menjangkau audience dengan luas dan bisa menjadi cara untuk dapat meningkatkan brand awareness dengan efektif.
  • Produk Anda kemungkinan besar akan diulas oleh berbagai media dengan keviralan tersebut.

Untuk dapat memaksimalkan strategi ini Anda harus mengetahui target audience dari produk yang Anda tawarkan. Disamping itu, agar semakin banyak orang yang membagikannya, Anda dapat menciptakan informasi yang berkualitas dan emosional.

experiential marketing

Guerilla Marketing

Guerilla marketing merupakan strategi marketing yang dilakukan agar berkesan di mata konsumen yang dilakukan dengan cara promosi unik, tak jarang pula dengan marketing ini membuat orang terkejut. Beberapa hal yang menjadi keunggulan dengan menggunakan Guerilla marketing ini, diantaranya:

  • Lebih hemat secara anggaran karena cara promosi berfokus pada kreatifitas
  • Dengan adanya kesan surprise dan unik yang dibangun akan lebih mudah viral
  • Bagi calon konsumen akan lebih berkesan dengan menyaksikan promosi produk tersebut.

Untuk mengenalkan produk Anda harus terus menggali ide kreatif dengan menerapkan Guerilla Marketing. Agar kesan yang dibangun lebih kuat dan dapat mengenali audiens, Anda perlu membuat pesan singkat dan jelas mengenai promosi yang dilakukan.

Baca juga : Marketing Plan

Trend Marketing

Trend marketing merupakan sebuah strategi marketing produk yang dilakukan dengan mempelajari tren terbaru yang ada di masyarakat. Anda sebagai pebisnis, sebaiknya tidak melewatkan strategi ini karena penting untuk memanfaatkan tren terbaru dalam mempromosikan produk bisnis dengan berbagai tren yang terus berubah.

Sampai saat ini ada banyak trend marketing yang cukup populer seperti untuk memahami keinginan konsumen dengan menggunakan AI(Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan, salah satunya Google Voice Search. Disamping itu juga tersedia layanan live chat yang disebut Chatbot yang disediakan untuk konsumen dengan bantuan aplikasi untuk bisa meningkatkan kecepatan interaksi dengan konsumen.

Experiential Marketing

Experiential marketing merupakan sebuah strategi marketing dengan melibatkan konsumen agar memiliki pengalaman dengan memakai produk bisnis Anda. Dengan strategi ini konsumen diajak langsung untuk dapat mengetahui kualitas produk yang Anda tawarkan dan menjadi strategi yang dianggap efektif.

Anda bisa melakukan lima jenis experiential marketing diantaranya melalui:

  • Pameran produk
  • Mengadakan seminar
  • Menggelar event
  • Mempromosikan user generated content
  • Berbagi pengalaman imersif melalui Virtual Reality.

Untuk menjalankan experiential marketing di dalam penerapannya, ada beberapa strategi yang harus Anda jalankan:

  • Menentukan tujuan dengan jelas, seperti membangun brand awareness.
  • Membagikan pengalaman yang sebenarnya tanpa rekayasa
  • Setelah menggunakan produk Anda dengan meminta feedback dari konsumen

Itu dia berbagai strategi marketing yang bisa Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!