Marketing Public Relations

5 Fungsi Marketing Public Relations dalam Perusahaan Anda

Marketing Public Relations – Marketing atau pemasaran merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan penjualan produk. Kegiatan ini mencakup proses perencanaan, promosi, harga dan distribusi jasa atau barang. Dalam perannya tentu sangat berhubungan dengan public relation untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Lalu apa itu sebenarnya pengertian dan fungsi marketing public relations? Kita ketahui sendiri bahwa perusahaan bukan hanya berhubungan dengan pemasok barang atau pelanggan saja.

marketing public relations

Tetapi perusahaan juga harus memiliki relasi dengan sejumlah masyarakat untuk tujuan kepentingan tertentu. Hal ini dengan alasan bahwa masyarakat atau public sendiri memiliki peran atau pengaruh yang berarti terhadap pencapaian pemasaran yang diinginkan oleh perusahaan.

Dari gambaran ini, tentu bisa dipahami bahwa public relation atau hubungan masyarakat ini merupakan marketing dengan meliputi beberapa program yang dibuat dengan tujuan untuk mempromosikannya. Selain itu juga menjaga reputasi baik perusahaan dan kualitas produknya di hadapan masyarakat.

Ketika bangunan hubungan masyarat ini dilakukan dengan maksimal bisa sangat efektif dalam mendukung fungsi dan peran marketing pasal direncanakan dengan baik oleh divisinya.

Baca juga artikel : Tugas Marketing

Nah, untuk itulah marketing public relations bisa diartikan sebagai suatu proses perencanaan dan pelaksanaan sampai evaluasi terhadap program-program yang sudah dibuat untuk meningkatkan tingkat pembelian atau kepuasan pelanggan.

Strategi Marketing ini dilakukan dengan membangun komunikasi yang kredibel dengan konsumen atau masyarakat. Peran atau fungsi marketing public relations lebih lengkapnya bisa anda temukan pada ulasan berikut ini:

1. Meningkatkan Citra Baik Perusahaan (Image Building)

Citra perusahaan tentu menjadi pertimbangan bagi calon pelanggan atau konsumen untuk memilih produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Marketing public relations dikatakan berhasil apabila dapat menciptakan citra baik perusahaan tersebut.

Apabila sebuah produk sudah dipandang positif oleh masyarakat umum tentu saja akan lebih mudah menarik banyak pelanggan. Perusahaan atau lebih maju dan berkembang dengan upaya pemasaran publik ini.

public relations

Pemasaran ini tidak hanya dilakukan dengan kegiatan periklanan atau penjualan saja. Tetapi tugasnya adalah menyebarkan informasi atau pengetahuan tambahan terkait produk atau jasa yang ditekuni oleh perusahaan. Strategi ini tentu akan tersimpan lebih lama di ingatan para pelanggan.

Ketika pelanggan sudah mengingat kualitas produk dan perusahaan Anda melalui masyarakat menjadi terkesan lebih terpercaya. Oleh karena itu marketing public relations ini ini sangat di anjurkan untuk diterapkan pada perusahaan Anda. Agar keuntungan yang diharapkan bisa mencapai target dalam waktu yang cepat.

2. Berfungsi Mengenalkan Produk Baru

Fungsi marketing public relations selanjutnya yaitu membantu kegiatan peluncuran produk baru. Tugas ini dilakukan oleh divisi pemasaran public. Yang mana nanti bergerak untuk mengenalkan produk baru kepada halayak umum terutama untuk target konsumen atau pelanggan.

Biasanya pemasaran produk ini diselenggarakan dengan menggelar acara khusus. Baik itu melalui pameran dayang, seminar, tamasya, pemajangan produk, kontes atau bahkan kompetisi. Dengan pergerakan yang cepat dan tepat upaya ini dapat meningkatkan penjualan produk perusahaan Anda.

fungsi public relations

3. Membuat Berita yang Menarik Calon Pelanggan

Marketing public relations berfungsi dalam meningkatkan reputasi baik perusahaan salah satunya dengan cara membuat berita yang menguntungkan pihak perusahaan sekaligus calon pelanggan. Misalnya dengan mengangkat berita tentang orang-orang hebat di dalam perusahaan atau beberapa hal positif terkait kualitas produk yang ditawarkan.

Adanya devisi marketing public relations dalam sebuah perusahaan akan mengupayakan agar media bersedia menerima siaran pers atau menghadiri konferensi pers yang diadakan perusahaan. Semakin menarik berita yang diangkat maka pihak media penyebaran informasi akan tertarik untuk meliputnya dan pastinya apabila tugas dari divisi marketing public relations ini berhasil produk dan perusahaan akan semakin dikenal oleh khalayak.

4. Melaksanakan Kegiatan Layanan Masyarakat

Ada banyak cara untuk menarik perhatian pelanggan. Salah satunya bisa dengan melakukan kegiatan layanan masyarakat. Baik itu dengan cara menyumbangkan waktu, dana atau hal-hal lain yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Agar kehendak baik ini tercapai tentu saja divisi pemasaran pabrik harus melaksanakan kegiatan layanan masyarakat dengan baik. Sebab hal ini juga menyangkut citra baik perusahaan di mata masyarakat sebagai calon konsumen atau pelanggan.

5. Berfungsi Memberikan Dana Sponsor

Fungsi dari divisi marketing ini yang terakhir adalah memberikan dana sponsor dalam kegiatan yang sekiranya menjadi perhatian publik. Contohnya dalam kegiatan perayaan budaya, pertandingan bola atau beberapa acara lainnya yang dapat mengumpan respon positif masyarakat. Upaya ini penting diperhatikan karena juga menyangkut produk dan nama perusahaan Anda.

Bagaimana menarik bukan fungsi marketing public relations ini? Segera diterapkan sekarang untuk meningkatkan perkembangan perusahaan anda.

Tinggalkan komentar