Marketing Mix

Marketing Mix Kunci Keberhasilan Strategi Marketing

Elemen penting dalam suatu bisnis salah satunya adalah marketing. Marketing mix merupakan strategi marketing yang tidak asing lagi dan bajyak digunakan oleh para pebisnis untuk mengejar target penjualan yang diharapkan. Sehingga dapat diartikan marketing mix ini merupakan strategi yang dilakukan secara bersamaan.

Bagi kelangsungan suatu bisnis marketing mix ini memiliki manfaat besar yang akan mengarahkan calon konsumen agar dapat membeli produk yang Anda tawarkan. Dalam suatu bisnis agar dapat menyusun berbagai pola komunikasi pemasaran yang akan diterapkan, hal ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang sering dipakai.

unsur dasar marketing mix

7 Unsur Dasar Marketing Mix

Pada awalnya, unsur marketing mix ada 4, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion atau disebut dengan 4P. Setelah beberapa saat dalam aplikasi lapangan tiga unsur marketing mix berikutnya ditambahkan ke dalam 4P sehingga menjadi 7P. Hal ini menjadi lebih ideal untuk sebuah bisnis dan aktivitas dalam marketing jasa. Berikut 7 unsur dasar marketing mix, diantaranya:

#1. Product (Produk)

Dalam proses penjualan product (barang) merupakan produk yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dan esensi dari pertukaran yang bisa memuaskan konsumen dan memberikan manfaat terhadapnya. Konsumen pada dasarnya, tidak membeli barang namun membeli manfaat dari barang yang Anda tawarkan.

Untuk produk sendiri tidak hanya selalu berbentuk barang fisik, namun juga bisa berbentuk jasa. Marketing mix dalam konteks penggunaannya mempertimbangkan elemen variable lainnya seperti desain produk, lini, varian, pilihan, kemasan, brand setiap item dan sebagainya.

#2. Price (Harga)

Untuk mendapatkan produk atau jasa yang Anda jual, harga mengacu pada nilai uang yang diberikan oleh konsumen. Harga merupakan unsur utama yang mengacu langsung pada omzet perusahaan.

Dalam menetapkan harga Anda harus pertimbangkan secermat mungkin, karna harga merupakan hal yang penting. Unsur yang harus direncanakan beberapa diantaranya seperti strategi harga, komisi, potongan harga, metode pembayaran, strategi cashback, dan lainnya.

#3. Place (Lokasi)

Unsur dasar berikutnya adalah lokasi yang berkaitan erat dengan keberhasilan produk yang ditawarkan. Lokasi patut untuk Anda pertimbangkan karena menggambarkan akses konsumen dan pelanggan yang akan melakukan pembelian terhadap produk Anda.

Untuk mencapai target sesuai rencana, tempat yang strategis akan lebih berpeluangan besar untuk berhasil selain unsur yang perlu dipertimbangkan lain seperti pendistribusian, cakupan pasar, strategi franchise, persediaan, transportasi, gudang, dan lainnya.

Baca juga artikel : email marketing

#4. Promotion (Promosi)

Promosi berkaitan dengan komunikasi marketing yang dilakukan oleh pihak eksternal perusahaan yang berhubungan dengan produk yang Anda tawarkan. Unsur marketing mix yang menjadi pertimbangan dalam elemen ini seperti jumlah komunikasi promosi, media strategy dan lainnya.

7 marketing mix

#5. People (Manusia)

People berhubungan dengan orang yang terlibat dalam pengiriman atau pelaksanaan jasa. Disamping itu juga berhubungan dengan Sumber Daya Manusia (SDM), interaksi antar konsumen, dan antara konsumen dengan pelaksana penjualan.

Dalam hubungannya dengan marketing mix, beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti seragam, rekrutmen, SOP pelaksanaan, tata cara penanganan keluhan dan interaksi, dan sebagainya.

#6. Process (Proses Aktivitas)

Unsur dasar marketing mix berikutnya adalah proses. Proses merupakan prosedur, alur aktivitas, tata cara, dan urutan pelaksanaan aktivitas mengenai bagaimana sebuah jasa dan pengiriman jasa itu dilakukan.

Proses tersebut akan dapat memengaruhi marketing mix, karena baik secara langsung ataupun tidak langsung akan berakibat akan keberhasilan strategi pemasaran. Hal ini berkaitan karena mutu layanan dan operasional perusahaan yang berjalan sesuai sistem atau prosedur yang ditetapkan perusahaan.

Ada beberapa hal yang perlu dibahas dan direncanakan dalam framework marketing mix, misalnya seperti desain proses, flowchart, monitoring, operation manuals, standarisasi proses, dan yang lainnya.

#7. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Hal terakhir dalam unsur baruan marketing adalah bukti fisik. Pelayanan jasa terjadi antara pembeli atau konsumen yang berinteraksi dengan pelaksana jasa. Pertimbangan marketing dalam unsur bukti fisik ini seperti fasilitas, layout, petunjuk posisi lokasi, atmosfir, gimmick, souvenir, dan sebagainya.

Itu dia 7 unsur dasar marketing mix yang dapat Anda pelajari. Anda bisa melihat perkembangannya sudah sampai sejauh mana strategi marketing yang Anda terapkan selama ini, apa dapat berjalan sesuai dengan ekspektasi?.

Tinggalkan komentar