
Konsep Marketing Mix Bagi Perusahaan
Marketing sangat berpengaruh dalam meningkatkan penjualan bahkan walaupun sebagus apapun produk atau jasa yang ditawarkan kalau dalam marketing belum sempurna maka hasilnya akan nihil. Tentu saja dalam melakukan pemasaran butuh strategi yang baik supaya hasilnya maksimal.
Marketing Mix merupakan salah satu jenis marketing yang dapat diandalkan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Di dalam marketing ini terdapat kumpulan variabel pemasaran yang digunakan untuk ma realisasikan tujuan pemasaran sesuai dengan target yang sudah dibuat. Bisa dikatakan Marketing Mix Ini adalah sebuah strategi untuk memadukan beberapa kegiatan pemasaran dalam satu waktu yang nantinya akan memberikan peningkatan terhadap penjualan.
Tak perlu lagi untuk menerapkan konsep marketing mix ini sebab keefektifannya sudah lama dirasakan oleh para pemilik bisnis di berbagai negara baik dalam perihal strategi marketing yang efektif. Terdapat berbagai manfaat Marketing Mix bagi perusahaan yang akan dirasakan nantinya. Tapi sebelum mengetahui manfaatnya ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana konsep dari Marketing Mix ini.
Baca juga : Marketing Public Relations
Konsep Marketing 4P Mix 7P yang di antaranya:
#1. Produk
Produk merupakan salah satu elemen dari Marketing Mix berarti barang atau jasa yang dijual oleh perusahaan yang memiliki nilai guna bahkan estetika yang dibutuhkan oleh konsumen. Terdapat 2 unsur yang perlu diperhatikan dalam penawaran produk yaitu dari segi kualitas dan visualnya.
2. Price
Harga menjadi patokan khusus dalam berusaha yang mana harus diberikan untuk mendapatkan barang atau jasa yang dijual. Harga jual disesuaikan dengan harga pasar dan sesuai dengan kualitas produk tidak terlalu miring ataupun tinggi.
3. Place
Please adalah tempat terjadinya proses jual beli. Perusahaan harus memperhatikan tempat penjualan dan pastinya harus sesuai dengan target pasar. Pastikan tempat yang dipilih merupakan lokasi yang masyarakatnya memerlukan produk perusahaan anda.

4. Promotion
Promotion atau promosi merupakan sebuah kegiatan bisnis yang mengupayakan agar konsumen dapat mengenal dan tertarik dengan produk perusahaan. Tentukan marketing sesuai dengan target pasar dan perhatikan juga efisiensi dan efektivitasnya.
Seiring perkembangan zaman promosi tidak hanya dilakukan dengan memanfaatkan media gratis saja. Tetapi elemen 4P ini ini dimodifikasi menjadi konsep Marketing Mix 7P. Konsep baru tersebut menawarkan tiga elemen yang di antaranya:
5. Physical evidence
Physical evidence ini merupakan penampilan fisik, baik dari bangunan perusahaan, logo, interior, produk dan lain sebagainya. Beberapa unsur tersebut mempunyai pengaruh besar terhadap selera konsumen sehingga membuatnya semenarik mungkin menjadi tugas perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.
6. People
People atau orang yang terlibat dalam pengelolaan bisnis dari perusahaan.
7. Process
Proses merupakan elemen terakhir dari Marketing Mix ini yaitu berupa langkah-langkah yang dilakukan antara penjual dan pembeli mulai dari pelayanan sampai proses transaksi. Pelayanan haruslah dilakukan dengan baik agar loyalitas konsumen terjaga. Bahkan untuk lebih menariknya menambahkan sedikit kesan unik dan menarik juga tidak ada masalah.
Setelah mengetahui rentetan dari Marketing Mix tentu sangat penting juga bagi anda memahami manfaat Marketing Mix bagi perusahaan supaya Anda lebih yakin dalam menerapkannya.
Menyederhanakan Berbagai Kegiatan Pemasaran
Manfaat yang bisa Anda rasakan dalam menerapkan Marketing Mix ini adalah kegiatan pemasaran menjadi lebih sederhana dan menyatu menjadi satu kegiatan. Fungsi ini tentu akan lebih memudahkan dalam pemasaran baik untuk dilakukan atau dikelola.

Alokasi Sumber Daya Lebih Tepat
Mengingat sumber daya ya sendiri bersifat terbatas untuk saja penggunaannya harus bijaksana. Dengan menerapkan konsep Marketing Mix ini pemilik bisnis dapat mengetahui seluruh elemen dalam pemasaran sehingga sumber daya yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan elemen yang ada lainnya.
Mengalokasikan Tanggung Jawab pada Orang yang Tepat
Pemilik perusahaan akan belajar banyak tentang pembagian pemasaran yang sesuai fak-nya dengan menerapkan Marketing Mix ini. Ketika tanggung jawab sebuah tugas diserahkan pada tim yang tepat sesuai jobdesk dan kemampuannya.
Memfasilitasi Proses Komunikasi
Manfaat Marketing Mix bagi perusahaan selanjutnya adalah dapat memfasilitasi proses komunikasi. Apabila pengusaha dapat mengalokasikan tanggung jawab untuk tiap divisi dan job deskription masing-masing tentu selanjutnya dapat belajar mengenai penyatuan komunikasi yang dibutuhkan.
Menganalisa Keuangan yang Lebih Akurat
Seperti yang sudah kita pahami bahwa pengusaha harus mengetahui arus biaya dan pendapatan sesuai dengan kondisi yang ada. Terdapat banyak elemen marketing yang harus diterapkan, sehingga upaya ini dapat membuat pemilik perusahaan menjadi lebih pandai dalam menggunakan dana. Dengan kemampuan ini tentu saja banyak kebutuhan yang dibiayai tetapi tetap menghasilkan keuntungan yang besar.
Bagaimana menarik bukan konsep dan manfaat marketing mix bagi perusahaan? Coba terapkan pada bisnis Anda, semoga membantu…