Jenis Jenis Marketing

Jenis Pemasaran Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis Marketing – Tentu sudah tidak asing lagi di pendengaran Anda. Pasalnya marketing merupakan sebuah ilmu yang sangat diperlukan oleh para pembisnis agar bisa menawarkan barang atau jasa yang ia miliki kepada para calon customernya.

jenis-jenis marketing

Setiap pebisnis tentu memerlukan ilmu yang satu ini agar usahanya berjalan dengan lancar atau bahkan berkembang lebih pesat. Jika Anda merupakan pembisnis pemula atau bahkan ingin memulai bisnis, maka Anda harus mengetahui jenis-jenis marketing yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda digemari oleh banyak orang.

Adapun jenis-jenis marketing yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

#1. Menggunakan Iklan Berbayar

Jenis marketing atau salah satu strategi dalam dunia bisnis ini merupakan salah satu strategi yang banyak diminati oleh para pebisnis besar hingga pebisnis pemula sekalipun. Karena terbukti mampu menarik banyak calon pembeli.

Biasanya, salah satu pendekatan pemasaran yang paling sering digunakan yaitu pemasaran Internet, menggunakan iklan di televisi dan iklan di media cetak. Namun meski demikian, Anda harus rela untuk merogoh kantong apabila ingin menggunakan jenis marketing yang satu ini. Karena marketing yang satu ini mencakup berbagai metode seperti PPC atau bayar per klik dan iklan berbayar.

#2. Cause Marketing

Cause marketing merupakan salah satu dari sekian banyak jenis-jenis marketing. Namun, marketung ini yang akan menghubungkan layanan perusahaan dengan penyebab atau masalah-masalah yang terjadi di masyarakat atau masalah sosial yang disebut juga sebagai saran terkait penyebab.

#3. Pemasaran Relasional

Salah satu jenis pemasaran atau marketing yang satu ini biasanya akan berfokus pada pembangunan pelanggan yang mana akan meningkatkan hubungan pelaku usaha atau bisnis dengan para pelanggannya. Sehingga mampu meningkatkan loyalitas dari pelanggan yang nantinya akan menyebabkan pelanggan terus membeli barang yang dijual oleh pebisnis tersebut.

#4. Pemasaran Internet

Sesuai dengan namanya, pemasaran atau salah satu dari jenis-jenis marketing yang satu ini memanfaatkan internet. Maka dari itu, semua item yang dipasarkan akan diperkenalkan kepada calon konsumen melalui internet dan platform. Biasanya, pebisnis tersebut akan melakukan berbagai macam pendekatan agar menarik minat pelanggan.

pemasaran internet

#5. Dengan Pemasaran Transaksional

Dalam pemasaran transaksional ini maka pengecer akan mendorong para pelanggan agar mau membeli dengan menggunakan kupon belanja diskon atau bahkan acara besar Hal ini dilakukan agar meningkatkan peluang perjuangan dan memotivasi para target agar membeli produk yang Anda promosikan.

silakan baca : strategi pemasaran produk

#6. Diversity Marketing

Kemudian pada salah satu dari jenis-jenis marketing ini, maka marketing yang satu ini akan melayani berbagai macam audiens atau calon pelanggan dengan menyesuaikan dan mengintegrasikan strategi pemasaran yang berbeda-beda sesuai dengan masing-masing audiens yang dilayani. Hal ini mencakup berbagai banyak aspek seperti budaya, sikap, pandangan, kepercayaan dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

#7. Undercover Marketing

Marketing yang satu ini disebut juga sebagai pemasaran siluman. Hal ini dikarenakan salah satu dari jenis-jenis marketing ini hanya akan berfokus pada pemasaran produk saja, sementara pelanggan tetap tidak mengetahui lebih dalam mengenai strategi pemasaran yang saat ini.

#8. Dari mulut ke mulut atau Word of mouth

Kesan pertama memang akan membuat seseorang mampu menilai dalam waktu yang cepat. Cara ini memang terkesan cara yang tradisional, tetapi tekhnik marketing yang satu ini merupakan salah satu marketing atau teknik pemasaran yang paling penting dan paling ampuh saat dilakukan.

Karena saat Anda memberikan kesan pertama yang sangat baik kepada pelanggan Anda dan pelanggan Anda puas terhadap pelayanan serta produk yang diberikan, maka secara tidak langsung nantinya pelanggan Anda tersebut juga akan mempromosikan produk Anda kepada teman-temannya. Dengan begitu, maka Anda pun akan mendapatkan pelanggan yang baru meskipun tanpa menggunakan jasa iklan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis marketing yang bisa Anda coba selaku bisnis pemula. Dari sekian banyak teknik marketing atau pemasaran ini, Anda harus bisa menemukan teknik yang tepat agar bisnis Anda bangun bisa berkembang.

Selain itu, Anda tidak boleh berhenti untuk belajar dari berbagai kesalahan yang mungkin dilakukan oleh para pembisnis terkenal sebelumnya. Sebab dari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan oleh orang lain tersebut, Anda bisa mengambil pelajaran agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Tinggalkan komentar