Google Index

86 / 100

index google

Sebelum peringkat website Anda muncul di hasil pencarian, tentu harus masuk dalam index Google terlebih dahulu. Karena kalau tidak masuk index, website Anda tidak akan muncul di Google.

Sekarang pertanyaannya bagaimana cara agar website bisa terindex Google? Nah berikut ini informasi lengkap singkat yang bisa dan wajib Anda ketahui untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Apa Itu Google Index?

Index Google merupakan data website di internet yang sudah dikumpulkan Google. Data ini selalu update dan tersimpan untuk kemudian diproses oleh algoritma Google sebelum tampil sebagai hasil pencarian.

Bagaimana Index Google Bekerja?

Cara kerja Google Index ini sebenarnya masih sama dengan cara search engine bekerja. Google akan melepas bot untuk melakukan crawling di internet sebagai pengambil data.

Nah data ini kemudian masuk proses indexing dalam database Google untuk mengurutkan hasil informasi bot. Jika informasi dari bot ini lengkap dan jelas, tentu proses indexing bisa jadi lebih cepat.

Mengapa Penting untuk Terindex Google Lebih Cepat?

Dari cara kerja bot Index Google yang bekerja tiap waktu, tentu Anda bertanya mengapa harus repot-repot membantu bot biar kerja lebih cepat. Toh ujung-ujungnya website kita pasti di-crawling oleh bot.

Alasan tersebut tidak salah, tapi kira-kira butuh berapa lama untuk website Anda bisa terindex. Apalagi website Anda masih baru dan ada jutaan website lain di internet yang belum terindex.

Tentu hal ini akan membuat konten-konten baru yang Anda buat jadi lebih sulit lagi terdeteksi dan muncul di mesin pencari. Untuk itu semakin cepat website Anda ter index Google semakin baik.

Baca juga : Traffic Organic

Bagaimana Cara Website Bisa Cepat Ter index Google?

Nah sekarang pertanyaannya bagaimana cara agar website Anda ini bisa lebih cepat terindex Google. Berikut ini beberapa hal yang wajib Anda lakukan jika ingin membantu bot Google mengindex website Anda lebih cepat.

1. Membuat Sitemap

Waktu yang biasanya diperlukan bot Google untuk proses index ini sekitar 24 jam tergantung besarnya website. Nah dengan bantuan sitemap, proses ini bisa Anda singkat menjadi beberapa jam saja.

Sebab bot akan lebih mudah mengetahui mana yang page atau postingan yang belum di-crawling dengan peta yang sudah Anda sediakan. Untuk membuat sitemap ini ada beberapa cara.

Salah satunya dengan menggunakan Google Search Console dan juga Yoast SEO. Untuk tutorialnya bisa Anda lihat langsung di Youtube atau internet karena langkahnya cukup mudah.

2. Submit sitemap ke Google Search Console

Setelah sitemap tadi berhasil Anda buat dengan format XML, langsung saja upload ke Google Search Console. Langkah ini akan mudahkan bot Google mana page penting yang harus di crawling terlebih dahulu.

Proses ini pun bagusnya tidak hanya sekali tapi cukup rutin dan terus update. Apalagi website Anda sering mengalami perubahan dan penambahan konten. Tujuannya agar bot Index Google juga terus update dengan kondisi website Anda.

3. Buat Robots.txt

Agar kerja bot Google bisa lebih efisien, Anda bisa membuat robot.txt. File ini berisi perintah untuk bot mengenai mana page yang boleh dan tidak boleh di crawling, sehingga bisa Anda prioritaskan page tertentu.

Mengapa perlu ada page yang tidak boleh di crawling? Jawabannya agar kerja bot bisa lebih cepat. Apalagi kalau page tersebut masih dalam maintenance jadi Google tidak akan meranking page bermasalah tersebut.

Dengan begitu, waktu crawling bot Google bisa lebih cepat karena jumlah page yang harus diperiksa jadi berkurang. Untuk membuat robot.txt ini juga mudah, sudah banyak tutorialnya.

4. Membuat Internal Links

Cara tercepat lain untuk membantu Index Google adalah dengan membuat internal link yang terstruktur. Jika page di website Anda saling terhubung tentu bot bisa lebih mudah melakukan crawling.

5. Mendapat Inbound Links

Cara lain yang juga berpengaruh untuk mempercepat proses index website Anda adalah inbound link dari website lain.

Dengan adanya link ini, proses index Google di website lain juga bisa mendata link page Anda. Selain itu domain authority web Anda pun ikut naik juga jadi sekalian.

6. Social Sharing

Membagikan page atau konten Anda di sosial media juga bisa memancing bot Index Google untuk mengindex lebih cepat. Selain itu, dengan share di sosmed, konten Anda bisa terlihat orang lebih banyak dan mudah sehingga menambah trafik organik yang datang..

7. Buat Postingan

Semakin banyak artikel bagus yang Anda produksi robot crawling akan semakin banyak dan cepat pula data index website Anda di Google.

Hal ini juga menjadi penanda di Google kalau website Anda selalu memberikan informasi terbaru. Dengan status ini website Anda menjadi prioritas Google untuk selalu di-crawling.

8. Cek Crawl Errors

Selama proses crawling tentu tidak menutup kemungkinan terjadi error. Apalagi jika website mu sering update dan mengalami perubahan.

Jadi penting sekali untuk memantau proses crawling dan indexing yang berlangsung di website Anda. Cara termudahnya dengan melihat tanda di Google Search Console.

Itulah tadi beberapa tips dan cara agar website Anda bisa di Index Google dengan cepat. Jika Anda masih belum paham dengan cara teknis ini, jangan malu untuk menggunakan Jasa SEO profesional yang ada.

Dengan begitu, perkerjaan Anda bisa lebih ringan dan bisa langsung menikmati hasilnya. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!