Email Marketing

Penerapan Email Marketing

Email Marketing – Dalam menjalankan bisnis, pemasaran menjadi salah satu yang perlu mendapat perhatian lebih. Pemasaran atau marketing ini berupa serangkaian kegiatan komersial yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan kepuasan konsumen.

Ini dimulai dengan produksi, harga, titik penjualan dan promosi produk kepada konsumen. Kegiatan pemasaran itu sendiri dapat berkisar dari penjualan langsung hingga iklan media sosial, email marketing, iklan radio, dan banyak lagi.

email marketing

Jika bisnis Anda besar, mungkin ada banyak cara untuk memasarkannya. Tetapi ketika bisnis Anda masih cukup kecil, pemasaran bisa menjadi salah satu tantangan terbesar. Sekarang Anda perlu memikirkan bagaimana melakukan pemasaran yang baik untuk mengembangkan bisnis Anda dengan biaya minimal atau bahkan gratis.

Anda juga perlu memikirkan bagaimana kegiatan pemasaran ini dapat menghasilkan keuntungan yang stabil bagi perusahaan setiap bulannya. Bagi yang sedang memulai bisnis dan ingin memasarkan, bisa menggunakan email marketing sebagai bentuk promosi yang murah dan mudah.

3 Jenis Email Marketing

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat melakukan pemasaran melalui email marketing yang tepat untuk bisnis.

#1. Email Invitation

Jenis pemasaran email ini membuat pelanggan mendapat informasi tentang acara bisnis yang akan datang. Email jenis ini dapat dikirim seminggu atau setidaknya sehari sebelum memulai bisnis. Ini membantu untuk menarik pelanggan untuk berpartisipasi dalam acara yang dibuat.

#2. Digest Email

Ini adalah jenis email pemasaran yang dibuat secara otomatis oleh milis email. Dalam email ini Anda dapat menentukan berapa lama email akan digunakan, seperti hari, minggu, atau bulan. Anda juga dapat membatasi penerima email ini misalnya 10, 100, 200 pada setiap pengiriman.

#3. Saluran Newsletter

Newsletter adalah jenis pemasaran email yang memfasilitasi loyalitas pelanggan dengan berita bisnis dan informasi promosi yang akan datang. Newsletter dapat dikirim beberapa kali dan sering, misalnya sebulan sekali atau seminggu sekali.

jenis email marketing

Baca juga artikel : jenis jenis marketing

Strategi Pemasaran Email

Setelah memutuskan jenis email marketing yang akan digunakan, hal berikutnya yang perlu diingat adalah tujuan dari email itu sendiri. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda ambil untuk membuat pemasaran email lebih efektif dan dapat ditiru.

  • Subjek Email

Poin penting pertama yang harus diperhatikan saat membuat email pemasaran adalah subjek atau subjek email itu sendiri. Oleh karena itu sebelum mengirim email Anda perlu memperhatikan subject email.

Hal ini untuk mendapatkan perhatian pelanggan dan menyertakan ajakan untuk melakukan sesuatu. Jika Anda ingin email pemasaran dibuka dan dibaca oleh pelanggan dan klien menanggapinya, jangan meremehkan baris subjek email tersebut.

  • Tampilan Email

Tidak semua email pelanggan dibuka dengan menulis subjek email yang menarik saja tapi juga perhatian orang untuk membacanya sampai akhir. Menurut survei yang dilakukan oleh Direct Marketing Association, 88% orang yang membuka email lebih menyukai tampilan konten HTML, dan sisanya 12% lebih menyukai tampilan konten atau teks email.

Oleh karena itu, setelah memilih topik yang menarik, buat email dengan tampilan yang lebih unik agar mendapat perhatian pelanggan dan memungkinkan mereka melakukan sesuatu dengan email tersebut. Misalnya tekan tombol tertentu untuk menerima promosi.

strategi pemasaran email
  • Permintaan Isi Data

Jika Anda ingin mengumpulkan database pelanggan, tentu saja Anda harus menyertakan data pribadi dalam formulir pemasaran email. Untuk meningkatkan jumlah pelanggan situs web atau blog Anda, pastikan Anda hanya menerima data penting seperti alamat email.

  • Umpan Balik Pelanggan

Email marketing juga memungkinkan Anda untuk menambahkan konten Suara Pelanggan untuk meningkatkan efektivitas langganan email ke situs web atau situs web Anda. Anda dapat menyertakan foto pelanggan yang puas dengan produk dan layanan.

Anda dapat melihat testimonial selebriti di situs web mereka. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi melalui email dengan harapan bisnis akan memberi Anda informasi berharga yang dicari oleh calon pelanggan Anda.

  • Sertakan Promo

Anda juga dapat menjalankan beberapa promosi pelanggan yang hebat untuk membuat pelanggan melakukan sesuatu melalui email. Misalnya, dengan menawarkan kode diskon atau promosi khusus lainnya yang dapat Anda sertakan dalam email pemasaran yang dikirimkan.

Selain bisa menjangkau banyak pelanggan hanya dengan satu email, bisnis ini juga bisa Anda lakukan dengan biaya yang terjangkau. Tentu saja media iklan ini bisa lebih efektif daripada iklan televisi, radio atau cetak yang harganya bisa mahal.

Oleh karena itu jika bisnis Anda masih kecil dan tidak memiliki pengeluaran promosi yang cukup, Anda dapat menyimpulkan bahwa harus dapat berpromosi dengan baik dan tepat melalui pemasaran email. Dengan cara ini, Anda dapat menjual produk dengan lebih mudah dan mempresentasikannya kepada khalayak yang lebih luas.

Sekian ulasan mengenai tips sukses menerapkan strategi email marketing yang efektif untuk bisnis. Dengan begitu bisa menjadi pilihan cara terbaik yang bisa Anda coba. Sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran yang lebih jauh.

Tinggalkan komentar